25 Jul 2013

SELAMAT PAGI JULI

Selamat Pagi Juli....... Apa kabarmu di tahun 2013 ini?

Sebelumnya Juli ini adalah bulan ke 5 dalam kalander Romawi tua. Di sebuta Quintilis yang artinya ke-5 dengan 30 hari.

Lalu terjadi penambahan 2 bulan oleh Numa Pompilius dan pergeseran bulan oleh Julius Caesar menjadi bulan ketujuh dengan penambahan hari menjadi 31 hari.

Juli muncul untuk menghormati Julius Caesar yang lahir di tanggal 12.

Juli, satu bulan sebelum Agutus, yang diambil dari nama pengganti Julius Caesar. Sebelumnya di sebut sextilis yang berarti ke enam. Konon, bulan ini di pi

lih oleh Kaisar Augustus karena ia selalu beruntung di bulan yang wkatu itu si sebut sextilis.

Awal urutan nama-nama bulan pada awal millenium adalah sebagai berikut Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember, January, February. Ini satu alasan kenapa setiap empat tahun sekali / tahun kabisat kita mendapat hadiah satu hari yang ditempatkan pada bulan February. Karena waktu itu Februari adalah bulan terakhir sebagai penutup tahun.

okta berarti 8 tetapi bulan oktober terletak pada urutan bulan ke-10. Novem, 9 tetapi bulan november terletak pada urutan bulan ke-11, Decem, 10 tetapi bulan Desember terletak pada urutan bulan ke-12. Lalu?

Bumi revolusi terhadap matahari secara detail, 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 45,1814 detik. Lalu ada sebuah penuaan "50 hari", karena pada zaman dahulu hitungan satu tahun adalah 365 hari saja.

Lalu mengapa Bulan Februari terletak pada urutan ke-2 dalam tahun Qomariyah. Padahal dahulu terletak pada akhir tahun??? Alasan yang mendalam sampai saat ini adalah fakta bahwa zaman dulu Juli adalah bulan ke-5. makanya dinamai bulan Quintilis. lalu pada zaman Julius Caesar, kalender diperbaiki. Januari jadi bulan pertama. dan karena Julius Caesar dulunya lahir di bulan Quintilis, akhirnya bulan ini dinamai bulan Juli sejak saat itu.

Iyaaa Juli muncul karena Julius Caesar.

Julius Caesar, seorang negarawan, politikus yang jatuh cinta dengan Cleopatra, yang terkenal sebagai Ratu Cantik dari Mesir. Perebutan wanita dan tahta dengan Mark Anthony.Perselingkuhan dengan Cleopatra, Ratu Mesir membuat nama Julius Caesar tercoreng dan dianggap menjadi awal kehancuran kerajaan Mesir hingga Julius Caesar pun tewas dengan tragis. Julius Caesar ditusuk hingga meninggal dalam sebuah sidang Senat oleh Marcus Junius Brutus dengan berkomplot dengan senator lainnya.

Lalu bagaimana dengan Cleopatra? setelah menjadi "kekasih gelap" Julius Caesar, ia menikah dengan Mark Anthony yang kemudian tewas dalam sebuah peperangan. Mengetahui Mark Anthony tewas dan tidak ingin menjadi tawanan Romawi, maka Cleopatra memilih bunuh diri dengan membiarkan ular mematuk dirinya hingga tewas. Karena ia percaya, mereka yang mati di gigit ular maka hidupnya akan abadi.

Hei Raa.... ini kan hanya berbicara Bulan Juli? kenapa harus melebar membicarakan Cleopatra.

Saya selalu nyengir sendiri jika menulis terlalu panjang dan lebar.

Oke ini bulan Juli, bukan berarti saya ingin nanti ada bulan Raa untuk mengingat saya. La siapa kamu Raa?
Tapi entah kenapa memory saya ini selalu berlarian jika masuk di bulan yang baru. Tentang kenang yang meloncat-loncat yang mampu membuat saya berjam-jam dia sambil melihat ke langit. Langit yang sama saya lihat walaupun saya sedang di berada di belahan bumi manapun.

Dan harapan di Juli 2013 ini? sederhana saja. Saya ingin punya kenang yang bisa saya ingat-ingat ketika saya dalam keadaan diam.

Lalu Juli 2012 lalu? ada sebuah keputusan besar dalam hidup saya. Menyelesaikan semuanya dan kembali ke Jawa.

Lalu tahun depan? mungkin saya bisa melihat Langit di Bulan Juli di Amerika

Tidak ada komentar: