9 Nov 2009

APAKAH KITA SUDAH JADI BANGSA BESAR? KURASA BELUM!!!!



Pertama kali saat aku melewati patung Sudirman tidak ada yang spesial. Karena aku berada di jalan bagian kiri, yang berarti pertama kali aku lihat adalah bagian belakang Patung Sudirman!!!! Namun saat aku kembali dari kota menuju Bintaro dan melihat dari arah depan patung Sudirman. Plaaaaakkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!! rasanya seperti ditampar. Kau tahu mengapa?


Coba perhatikan gambar di bawah ini





Memang tidak ada yang spesial dan tidak ada yang bearti. Tapi saat ingat kata-kata mutiara "BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG MENGHARGAI PAHLAWANNYA!!!! MAKA HORMATI PAHLAWANMU" (dan aku tidak tahu siapa yang mengeluarkan kata mutiara itu. Apa Ir Soekarno ya?) maka aku tiba-tiba sadar betapa kita tidak pernah menghargai para pahlawan kita. Kenyataannya....bukan kita yang memberikan hormat pada Jendral besar Sudirman tapi malah Jendral Sudirman yang memberikan HORMAT pada para pengendara yang melewatinya. Bukankah para pengendara itu notabene adalah sebuah bangsa yang harus menghormati para pahlawan. Kok malah jadi terbalik.........?

Apa karena alasan itu, kita sulit menjadi bangsa yang besar? jangan menghormati dalam arti yang masih rancu, menghormati dalam arti harfiah pun masih belum kita lakukan.

Ironis.....saat Sang Jendral Besar menghormat pada kita!!!!!! Lalu kapan kita kita menghormati dan menghargai jasa-jasa mereka agar kita bisa menjadi Bangsa yang besar? entahlah........



dan aku selalu memberikan hormat pada patung Sudirman jika aku melewatinya.
Saat yang lain bilang aku gila karena memberikan hormat pada patung, aku selalu berkata,
"aku tidak gila...tapi kalianlah yang gila karena tidak bisa menghargai jasa dia"

(catatan kecil ini aku persembahkan kepada para pahlawan. Selamat hari pahlawan, kawan......!!!! dan kita harus kembali belajar hargai para pahlawan kita)

18 komentar:

santai sejenak mengatakan...

jauh dari harapan, bangsa kita memang besar tapi pikirannya picik semua...mau menang sendiri..

aan mengatakan...

Jangan buat arwah para pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia menangis di alam sana yang melihat keadaan yg spt ini..

Vicky mengatakan...

Hm..aku pikir patung Sudirman dibikin sikap menghormat, coz senimannya waktu disodorin sketsanya Sudirman, dapetnya sketsa Sudirman sedang menghormat.

Aku taunya, Sudirman itu seneng badminton. Makanya ada Piala Sudirman. Jadi kenapa dibikinnya bukan patung Sudirman lagi main badminton aja ya?

!Rchymera! mengatakan...

Semoga bangsa kita bisa menjadi bangsa yang besar dan bisa lebih menghargai jasa para pahlawannya...:D

-Gek- mengatakan...

Selamat hari pahlawan, teman..
Jiwa pahlawan itu, ada di sudut hati kita -pertahankah ya..

Clara mengatakan...

patung sudirman itu ngingetin aku sama film nagabonar...
pahlawan emang patut dihormati ^^

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Mari semua dengan semangat Hari Pahlawan ini kita bersatu padu dalam keragaman,
Mari kita teladani semangat juang arek-arek Suroboyo waktu itu!

Selamat Hari Pahlawan!

munir ardi mengatakan...

selamat hari pahlawan pahlawan aku yah orang tuaku

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

SELAMAT HARI PAHLAWAN. MERDEKA.

liza fathiariani mengatakan...

itu karena jenderal sudirman ngga gila hormat mbak, ngga seperti yang ngaku2nya pahlawan yang gila hormat
hehehhe
salam kenal

Aulawi Ahmad mengatakan...

patungkan cuma symbol, gak perlu kita mengambil sikap hormat ketika melewatinya he2, do'akan saja agar arwah beliau dialam sana bahagia disisi- NYA...

mas ichang mengatakan...

hmmm.......... saya jadi bertanya-tanya adakah makna kenapa patung sudirman dibuat dengan posisi menghormat begitu? kenapa berada di tengah jalan? dan kenapa menghadap kearah mata hari terbit?

Rumah Ide dan Cerita mengatakan...

Bner juga yak kebalik.
Btw ayo dukung pemberantasan korupsi.

jimox mengatakan...

Mmmm iya juga ya mbak. hehe...
Lagian kok nggak capek ya Jendral Sudirman bertahun-tahun hormat sama pengendara? hehehe...
semangat hari pahlawan mbak... :)

Reni mengatakan...

Jadi ingat ama si Naga Bonar nih mbak... Dia sempat protes juga kan tentang patung Jend.Soedirman itu..?
Selamat hari pahlawan mbak...

Bahauddin Amyasi mengatakan...

SELAMAT HARI PAHLAWAN!
Dan semoga kita selalu semaangat jadi pahlawan, meski tidak mendapatkan penghormatan sama sekali.

Salam kenal, Mbak...

ferdivolutions mengatakan...

masih suasana Hari Pahlawan, selamat Hari Pahlawan semuaaa... saya ferdi, salam kenal...

maen2 ke blog aku ya, mbak...
hihihihi...

munir ardi mengatakan...

semangat, mari kita warisi semangat para pahlawan dalam mengisi kehidupan ini