12 Jan 2018

Sakit mata


Ini hari ke lima saya sakit mata dan sudah mulai membaik walaupun masih belum total lepas kacamata. Ada beberapa catatan yang saya kumpulkan tentang sakit mata. Silahkan di coba, karena penyakit mata sedang mewabah di daerah Banyuwangi dan sekitarnya.
1. Jika mata sudah gatel, dan merah serta belek atau tai mata atau ketek apapun namanya sudah ada di sela sela bulu mata, segera kompres pakai air hangat. Ingat!! air hangat bukan air panas. Kompresnya pakai sapu tangan jangan pakai tisue. Kompres sesering mungkin.
2. Pakai kacamata, usahakan hitam. Kalau malam, biasanya saya pakai kacamata putih yang agak besar. Pakai kacamata bukan karena takut nulari, tapi agar tidak terkena angin sehingga buat mata semakin meradang dan merah.
3. Kurangi jalan jalan keluar. Di rumah saja jangan kemana mana. Siapkan snack, mie instan agar nggak perlu keluar rumah kalau lapar. Jangan semacam saya, ke Pulau Tabuhan, mandi di laut, ujan ujanan sampai nggak sembuh sembuh. Kalau malam? mending nggak usah sepedaan sendirian karena lampunya "mblawur". Bahaya!! (maaf saya ndak tau bahasa Indonesia dari mblawur).
4. Nah ini yang penting. Saat pagi bangun tidur akan susah buka mata karena lengket belek atau tai mata atau ketek yang kering. Nggak usah khawatir, kalau dipaksa buka akan sakit. Caranya basahi jari telunjuk dengan ludah lalu oleskan kemata. Di jamin mata mudah dibuka.
5. Tetap harus pake obat tetes mata. Bisa dibeli di apotek secara bebas. Nah disini saya belajar bahwa untuk beberapa merek obat tetes mata, jika di teteskan di mata maka beberapa menit kemudian akan terasa pahit di tenggorokan. Awalnya saya pikir obat matanya netes dan masuk mulut. Ternyata nggak.
Teorinya adalah mata mempunyai saluran kecil di dekat hidung (dekat kelenjar air mata) yang akan terhubung dengan rongga hidung, dari rongga hidung akan turun ke tenggorokan, jadi akan terasa pahit terutama di pangkal tenggorokan bukan. Jadi hal itu wajar. Nggak usah panik kayak saya. Ketika pahit saya langsung minum teh botol dan semangkok.bakso.
6. Jangan lupa tetap harus ke dokter jika 3 hari tidak sembuh. Tetap makan sehat dan jaga kesehatan
Mata itu seperti hati. Harus sama sama dijaga. Selamat merayakan hari Selasa.
Banyuwangi 27 Desember 2016

Tidak ada komentar: