22 Jan 2015

MIE NYONYOR RASA RAWON



Namanya "Mie Ramen Rawon" dari Kedai Mie Nyonyor

Memang ini bukan makanan khas lokal Banyuwangi. Namun mie yang satu ini adalah hasil kreasi dari Fendra Agoprilla Putra, salah satu putra asli Banyuwangi. Saya sangat menghargai proses dia hingga seperti saat ini mempunyai beberapa gerai Mie Nyonyor di beberapa titik bahkan di luar Banyuwangi. Omzetnya? luar biasa sampai puluhan juta rupiah.

Mie Ramen Rawon adalah menu baru di kedai Mi Nyonyor. Sebelumnya, menu yang tersedia adalah Mie Nyonyor dengan pilihan level kepedasan. Lalu berkembang ke Mie Ramen, lalu ada pilihan lain Mie Ramen Kare Ayam, da Mie Ramen Rawon.


Entah apa yang ada dalam pikiran Mas Ago begitu saya memanggilnya saat "melahirkan" menu ini. Perpaduan antara mie, kuah rawon yang khas jawa banget serta bola-bola daging berwarna hitam. Aku pikir hitamnya juga menggunakan "kluwek", bahan dasar yang menghitamkan kuah rawon. Termasuk telur asin dan potongan kentang yang tipis dan renyah.

Rasanya memang aneh. Tapi enak kok. Rekomend buat mereka yang suka dengan kuliner-kuliner baru yang ekstrim. Ahhh.. ndak begitu ekstrim kok. Hanya mempersilahkan lidah untuk mencecap sesuatu yang baru.
Percayalah kawan. Bagi saya, berkuliner bukan hanya sekedar membuat perut kenyang tapi ada sebuah proses dan cerita dari semangkuk makanan yang kita makan.

Menyenangkan dan mengenyangkan.

Salam Kuliner!

Tidak ada komentar: