10 Mei 2013

JEDA : ketika budayawan dan seniman salaman

"Raa.... kita mau buat kunjungan anak-anak SMA untuk mengenal seniman dan budayawan"

"Apa yang bisa Iraa bantu pak"

"Kita butuh tempat yang agak luas. Soalnya setiap acara ada 3 kelas yang ikut"

"Di tempat kerja Iraa Insya Allah bisa"

2 Mei 2013. adalah kunjungan hari kedua siswa SMA 1 Giri. Dari Pak Suhalik, guru sejarah mereka membuat sebuah kegiatan sederhana.

Para siswa duduk mendengarkan. Dan seniman serta budayawan bercerita. Ada sebuah proses disana lewat pertanyaan-pertanyaan sederhana.

"Gelang Alit itu artinya apa?"
"Kok bisa ngaranag kayak gitu? caranya gimana"

dan semuanya mengalir seperti air.

Ada beberapa peristiwa yang saya rekam jelas di otak saya.
1. Saat mereka, anak mnuda tidak tahu dan tidak mengenal lagu-lagu Kembang Kirim, Jaran Ucul, Lancing Tanggung dan lagu-lagu "lama" Banyuwangi sejamannya


2. Pertanyaan saat menanyakan, "Mbak... lagu Genjer-genjer itu lagunya PKI?"


3. Saat Pak Fatrah Abal, Pak Nasikin, Pak BS Noerdian bercerita dengan sangat berapi-api saat kesehatan mereka sudah sangat menurun drastis, dan para anak muda sibuk menulis apa di ceritakan.


4. Saat Gandrung Darti "nggending" dan "Paju Gandrung" diantara para anak SMA dan mengajari bagaimana melemparkan "Selendang"


5 Bagaiamana mereka sibuk foto dengan seniman budayawan dan sibuk upload di jejaring sosial dan mengganti status BBM mereka maisng-masing.


6. Bagaimana mereka nyanyi serempak gending "Umbul-umbul Blambangan"

Duh Gusti Allah ...... ada sebuah perasaan yang membuat saya "bungah".

Akhirnya saya berpikir, bagaimana kabar penguasa dan pemangku kebijakan? Kita hidup sekarang bukan hanya untuk kesenangan sendiri kan? tapi untuk anak-anak kita yang akan menruskan tongkat estafet perjalanan kita.

Dan saya mengistropeksi diri. Apa yang telah saya lakukan Untuk Indonesia? ahh terlalu tinggi Raa...... okeh untuk Banyuwangi? Raa.... Banyuwangi terlau luas? untuk keluarga? atau untuk saya sendiri? Tidak ada. Lalu apa lagi yang harus saya sombongkan.

Saya selalu mengutip sebuah "quote" yang saya lupa membacanya dari mana

"Lebih baik menyalakan lilin, dari pada kita mengutuk kegelapan"

ya sudah..... mari kita nyalakan lilin dengan cara kita sendiri agar hidup di sekitar kita tidak terlalu gelap.

Otak kanan... otak kiri.

: mengenal sebuah masa lalu, sejarah dan budaya agar hidup kita ini seimbang.


3 Mei 2013

Tidak ada komentar: