12 Jan 2013

KIRI - KANAN : genjer-genjer

"Kalau seandainya nanti adek wawancara kamu tentang lagu genjer-genjer, mas bersedia kan? Adek mau buat film dokumenter sama teman-teman. Harus ada pelurusan sejarah"

"Nggak usah macem-macem dek...... kita ini sudah di cap orang kiri"

"Itu kan cap dari orang-orang yang menggunakan tangan kanan nya untuk makan. Kalo kidal gimana?"

Kamu meneguk satu sloki.

"Aku nggak nawarin kamu"

"Lagian adek juga nggak minum gituan", saya memilih meneguk air putih dari botol minum di dalam tas ransel. "Lalu bagaimana dengan rencana wawancara nya mas?"

Akhirnya kuliah malam tentang sejarah. Tentang menyanyi .... tentang 65.... tentang pengasingan .... tentang korban.

"Kita ini juga korban dek... korban sejarah. Kamu jangan macem-macem lagi. Aku tau niat mu baik. Tapi ... sudahlah. Masih banyak yang bisa kamu gali selain nyanyian genjer-genjer"

Saya membetulkan posisi duduk.

"Mas ku .... putune sidopekso. Tidak ada hukum yang melarang orang bernyanyi. Mas lupa di film So hok Gie yang sering kamu ceritakan ada lagu genjer-genjer yang di jadikan backsound. Dan itu tandanya sudah lulus sensor"

Kamu melihat saya tajam, "Dan kamu lupa dek... kita hidup bukan di film. Tau perasaan ku. Saat aku nyanyi itu di forum terbuka dan kehidupanku terancam selama 2 minggu lebih?. Bukan takut aku mati dek... tapi takut ormas-ormas, golongan masyarakat lain datang kerumah ini. Bagaimana dengan keluarga? bagaimana dengan kampung ini. Mas nggak mau korban kan mereka demi keegoisan mas sendiri"

Saya menuang minuman di botol ke dalam sloki dan menyorongkan di muka nya.
"Minum sajalah .... jangan marahin aku. Janji tidak akan melibatkan kamu. Adek janji tidak akan merugikan siapapun"

"Ngambek.... marah.....? Repot ngomong sama orang keras kepala kayak kamu"


Saya berdiri sambil menekuk muka.

"Dek.... mas ndak ingin terjadi macam-macam sama kamu. Ingat kamu itu perempuan"

Muka saya semakin menekuk dan berbalik arah menuju pintu, "Adek pulang"

"Iraa Rachmawati........"

Saya menoleh saat nama lengkap saya di panggil dengan lengkap.

"Bawa teman mu ke sini. Tapi jangan pikir pertemuan nanti adalah sebuah wawancara resmi. Mas nanti akan pertimbangkan lagi"

Saya tertawa terbahak-bahak. "Actingku luar biasa ya mas." Saya berlari dan menyalami tangan mu. Gantian kamu yang menggeleng-gelengkan kepala.

Lirih lagu itu terdengar di kampung ini. Dan saya tiba-tiba merasa menari dengan berselendang merah. Dengan senandung suara khas 'nglaik' kamu dengan musik angklung yang kamu pasang di depan rumah




Genjer-genjer nong kedokan pating keleler Genjer-genjer nong kedokan pating keleler Emak'e thole teko-teko mbubuti genjer Emak'e thole teko-teko mbubuti genjer Ulih sak tenong mungkur sedhot sing tolah-toleh Genjer-genjer saiki wis digowo mulih
Genjer-genjer esuk-esuk didol ning pasar Genjer-genjer esuk-esuk didol ning pasar Dijejer-jejer diuntingi podho didhasar Dijejer-jejer diuntingi podho didhasar Emak'e jebeng podho tuku nggowo welasah Genjer-genjer saiki wis arep diolah
Genjer-genjer mlebu kendhil wedang gemulak
Genjer-genjer mlebu kendhil wedang gemulak
Setengah mateng dientas yo dienggo iwak
Setengah mateng dientas yo dienggo iwak
Sego sak piring sambel jeruk ring pelonco
Genjer-genjer dipangan musuhe sego

2 komentar:

anazkia mengatakan...

Mbak, FBnya dinonaktifkan?

anazkia mengatakan...

Terus gimana dnegan urusan yang dulu? Sudah selesai atau diselesaikan sepihak? Soale sampai dengan saat ini tidak ada kiriman untuk kami :)