10 Jan 2012

SAYA TIDAK GENDUT....CUMA SAYA MERASA.....

“ Ayah kamu penjual minyak tanah ya?”

“Kok tau?”

“Iya soalnya tubuh kamu melar”
Saya ingin lempar sahabat duet saya siaran pagi ini dengan teh botol.  Dia tertawa ngakak dan saya Cuma  tersenyum masam..

Saat lagu.

“Aku Gendut ya Jun…..”

“Nggak kok….siapa bilang gendut. Masih Standart”

“Terus kok tadi bilang aku melar….Bohong kan?”

Dia tertawa kembali tanpa menjawab pertanyaan aku  sambil mengambil posisi tidur di bawah meja studio.

“Jun jeleeeeeeeeeekkkk”


Lepas dari operasi usus buntu beberapa bulan yang lalu membuat pencernaan saya embali normal. Dan alhasil membuat saya merasa gendut. Kenapa saya bilang “merasa”. Karena saya tidak pernah menimbang berat tubuh saya. Saya hanya merasa celana saya sudah sempit. Saya hanya merasa kemeja-kemeja lama saya semakin membuat tubuh saya terlihat jelas terbentuk.  Saya merasa nafas saya pendek saat siaran. Saya merasa engap saat berjalan terlalu jauh. Saya susah nafas saat naik tangga. Saya merasa perut saya semakin buncit. Pinggang saya semakin tebal. Saya merasa pipi saya semakin tembem dan berisi. Saya merasa dagu saya double. Saya merasa tulang belikat (tempat sabun dekat bahu) saya sudah tidak terlihat lagi. Saya merasa gampang ngantuk. Saya merasa lapar terus-terusan bahkan jam 10 malam. Saya merasa gampang capek padahal kerja cuma duduk aka. Saya merasa badan saya kaku-kaku. Dan saya merasa berat badan saya sudah bertambah. Over Wight…..

Tidaaaakkkkk!

Saya sudah merasa tidak nyaman dengan bentuk badan yang seperti ini. Sebuah keanehan. Melihat saya jarang pulang (catatan jarang pulang tapi tidak jarang makan)

Positve thingking saja. Berat badan saya bertambah (tidak menggunakan istilah gendut) karena pencernaan saya telah bagus pasca operasi usus buntu. Berat badan saya naik karena hidup saya berarti makmur(kata hiburan hari ini, "nggk apa-apa gendut tandanya makmur")  Maksa………

Akhirnya saya berusaha berpikir bagaimana pola hidup saya beberapa bulan terakhir. Berantakaaaannnnn! Terutama untuk makan. Apalagi olah raga.

Makan apa saja asal kenyang. Entah itu sehat atau nggk. Jam berapa saja makan tanpa pernah takut dan control makanan yang masuk ke mulut.  Sarapan jam 10 Makan siang jam 5 atau makan malam jam 11 malam? Bergidik ingat cara makanku……..Jarang berolah raga. Bisa dikatakan tidak pernah sama sekali. Berjam-jam duduk di kursi, depan laptop. Atau di atas tempat tidur dengan membaca buku dan nonton tv. Tidak pernah bergerak. OMG…..betapa buruknya pola hidup saya. Tidur malam tidak pernah lebih dari 5 jama. Ngopi…bergadang….Oh tidak! Bagaimana saya tidak gendut.

Saya ingin kembali berolahraga seperti saat saya di Bintaro dulu. Satu jam tiap hari di sanggar senam dekat rumah.  Istirahat cukup. Walaupun bergadang tergantikan dengan istirahat siang yang sangat cukup (karena tidak bekerja di kantoran). Dan sekarang……?
  1. Senin  sampai rabu saya sudah harus di di studio jam 6 pagi. Dan minim saya pulang jam 9 malam untuk hari senin. Selasa rabu paling tidak jam 7 atau jam 8 malam (Cuma beda satu atau 2 jama)
  2. Kamis saya bisa bangun agak siang tapi sama saja karena saya pulang jam 12 malam lepas siaran.
  3. Jumat? Siaran pagi dan malam paling tidak jam 9 karena ada narasumber.
  4. Belum lagi kalo jalan sama pasukan criminal partner saya. Kuliner, nonton! (sesekali ajak saya olahraga kenapa)
  5. Sabtu sedikit free. Tapi…..
  6. Minggu juga Fre, Tapi….
Huhh….selalu ada alasan untuk olahraga dan menggerakkan badan saya. Padal tape sudah ada. Musik juga lengkap.  Sepatu olah raga juga ada. Baju senam juga masih numpuk! Oh tidak…..Iraaaaa…..betapa malasnya kamu.
Sebenarnya saya tidak masalah terlihat gendut tapi baju saya tidak muat. Nafas saya pendek dan saya merasa tidak sehat. Gampang ngantuk! Tidaaakkk…..saya tidak mau terlihat seperti kebo ! Pemalassss!!!!
Baru saja makan siang di rumah sahabat saya. Kebetulan orang tuanya baru datang dari Jakarta.

“Raa…kok gendut banget”

Rasanya ada suara kereta apa di  telinga saya

Jun,  sahabat siaran saya cuma cengir-cengir tidak berdosa. “Kamu nggk gendut kok Raa…..Cuma…..”

Dia menggantung kalimatnya sambil ketawa ngakak. Rasanya saat itu juga saya ingin lempar dia pake laptop.

Huh….saya ingin mengurangi berat badan saya. Tapi bagaimana bisa. Sedangkan di studio saya “diharamkan” untuk diet. Mana bisa saya jaga makan saya……(jurus jitu menyalahkan orang lain)

Ah…paling tidak setelah saya menulis catatan curhatan saya ini saya ingin kembali berolah raga. Paling sederhana memperbanyak jalan kaki sore hari atau malam atau shubuh sekalian.  Mengurangi makan malam dan bergadang agar saya punya waktu untuk bangun pagi tanpa merasa kurang tidur. Mengatur jadwal agar saya bisa kembali untuk berolah raga kembali.

Tapi…..oh tidak betapa pemalasnya saya!
Liat perut dan pinggang. Upsss……gendutttt………siaran juga engaaaappppp! Susah nafas!

“Ping
“ Eh Raa gimana kabarnya? Kayaknya gendutan sekarang”

Pingin teriak rasanya.  AKu nggak gendut! Cuma sedikit berisi!

“Bapak kamu penjual minyak tanah ya”
“Kok tau….”
“soalnya badan kamu melar”

Huh……..siaran pagi ini memang buat saya berkesan untuk ingin mengurangi berat badan! Ingat yaaaaa mengurangi berat badan untuk kesehatan saya! Bukan untuk kurus! Soalnya kalo kurus bukan Ira! Ahaaaayyy..............

1 komentar:

RanggaGoBloG mengatakan...

yang penting sehat,,, semangaat..