10 Sep 2011

APAKAH SAYA SEORANG PEMIMPI?

Saya sering mempertanyakan pada diri saya sendiri. Apakah saya seorang pemimpi?
Saya mempunyai banyak mimpi tapi pertanyaannya apakah saya berani mewujudkan mimpi saya.
Pertanyaannya adalah apa yang ingin saya wujudkan? mimpi atau target?


Lepas mimpi saya sebagai makhluk berTuhan yaitu menunaikan ibadah haji dan mejadi perempuan yang shalilah, masih sangat banyak mimpi saya yang belum saya wujudkan hingga saat ini. Mengambil S2. Berkeliling Indonesia atau bahkan dunia dan merekamnya dalam catatan-catatan sederhana saya. Tapi saya janj bahwa saya akan mewujudkannya suatu saat nanti.


Dulu pernah salah satu mantan pacar saya bertanya, "Apa cita-citamu Raa?".
"Saya ingin menjadi seorang Wartawan atau Penyiar radio.....keren kali ya"
Mantan pacar saya hanya berkata, "Cita-cita aneh. Wartawan? cuma ngurusi kesalahan orang lain". Dengan lancar dia membeberkan beberapa alasan hingga akhirnya dia terdiam saat saya mengatakan, "Jika aku jadi wartawan, kamu akan menyembunyikan rokok ganja yang ada dalam kotak rokokmu, karena takut aku akan menulis dan melaporkan ke polisi hingga kamu di penjara. Iya kan.". Dia langsung terdiam dan melanjutkan perkatannya. "Penyiar aja dech Ra....tapi apa bisa? mana mungkin kamu betah berjam-jam duduk dikursi? Lagian kamu kan sedikit gagap?" 
Dan aku hanya diam sambil memainkan pasir di atas kakiku. Dan sejak itu saya berjanji akan mewujudkan mimpi saya di pantai Banyuwangi itu. 
"Satu lagi......aku akan menyebrang jauh kesana....jauuhhhhh.....". aku menunjukkan pulau diseberang.
"Bali?" Tanyanya.....
"Lebih jauh dari bali lebih jauh dari lombok. Jauh dari pulau Jawa"


Dan tiba-tiba aku ingat perbincangan itu. Saat ini. Berpuluh-puluh, bahkan beratus-ratus kilometer dari Banyuwangi, tanah Jawa Timur. Mimpi masa remaja saya yang pernah saya katakan sudah saya wujudkan sebagian. Bukan mimpi yang besar. Tapi mimpi yang sangat sederhana. Saat ini apakah ada orang yang bermimpi bodoh seperti aku? menjadi seorang wartawan dan penyiar radio? atau bercita-cita untk meninggalkan kampung halaman? walapun ada dia adalah bagian orang bodoh seperti saya.


Dan saya masih punya banyak mimpi dalam hidup saya. Selain ingin mengambil S2. Saya juga ingin mengelilingi Indonesia atau mungkin dunia. Hhmmmmm.....saya benar-benar seorang pemimpi.


1. saya ingin mempunyai satu ruang khusus yang dindingnya berisi buku-buku koleksi saya. Dilengkapi seperangkat komputer yang link ke internet dengan koneksi cepat. Kamera profesional dan juga seperangkat home theather dengan ratusan chanel luar negeri.. Termasuk HBO, diva universal, Biography dan history bahkan cartoondisney. Pasti akan jadi tempat favorit saya setelah saya berkeliling Indonesia.


2. Saya ingin menjadi seorang penulis yang mempunyai karya, paling tidak buku yang pantas di banggakan. Best Seller? mungkin. Saya tidak bisa membayangkan kalau seandainya saya membaca nama saya sebagai seorang pengarang dna buku saya di jual di toko buku toko Gramedia misalnya.....saya pasti sangat bahagia. Dan saya yakin Ilalangku juga akan sangat bangga. 


3. Karena saya di Batam. Dan saya mengelola radio Melayu. Tiba-tiba ada sebuah mimpi yang sedikit "gila". Saya akan mempelajari budaya melayu!!!! ya......dan itu sudah menjadi niat saya. Saya akan berkeliling Kepulauan Riau. Untuk mempelajari melayu. Mulai dari sejarah, musik, seni dan budaya. Dari Batam, Tanjung Pinang, Lingga bahkan hingga ke Natuna (membayangkan ke natuna? tiket pesawat berangkat saja 1 juta lebih? atau naik kapal laut yang hanya ada 1 minggu sekali). Ahhh.....saya pasti bisa!!!! saya akan merekam semua tentang melayu dalam catatan-catatan saya. Meman tidak penting sekarang. Tapi nanti 2 atau 10 tahun lagi...atau saat saya menjadi anggota DPRD di kota Batam atau bahkan menjadi Walikota Batam atau Gubernur Kepulauan Riau....? hahahahahahahahahah mimpi saya sudah mulai menggila. Seorang "jawa" yang bermimpi yang menjadi orang melayu. 


3 mimpi saya yang berani saya tuangkan, saya tulis dan saya ungkapkan. 3 mimpi sederhana saya yang akan saya wujudkan. 3 mimpi sederhana yang menjadi target satu tahun kedepan.


Hhhhmmm.....membaca 3 mimpi saya berulang-ulang. Saya pasti bisa. Sangat bisa. Bukankah mimpi saya tidak muluk-muluk. Seperti mimpi saya saat menjadi seorang wartawan, penyiar dan merantau ke tanah seberang? 
Private Room!! perpustakaan, internet, home theater dan kamera profesional! mimpi saya sejak kecil!!!!dan saya akan menabung!!!!!!


Menjadi penulis! juga mimpi saya. Jika tidak mengapa saya mengambil jurusan Sastra Indonesia? dan saya akan terus melatih memaksa saya untuk menghasilkan satu tulisan satu hari. Mengirim tulisan-tulisan saya ke media lokal di Batam. Dan saya akan berusaha! saya bisaaaaaaaaaaaaaa!


Tentang mempelajari Melayu? ini adalah niat terbesar saya saat ini. Walaupun darah saya adalah Jawa dan Sulawesi tapi saya yakin saya bisa. Saya mencintai melayu setelah satu tahun lebih saya berkutat dengan "radio melayu". Dan saya berpikir bahwa sesuatu yang sangat naif jika saya tidak mempelajari tentang Melayu. Setahun ini apa yang saya tahu tentang Melayu? selain dari novel karya Andrea Hirata, pantun dan film ipin upin (saya baru tahu jika melayu malaysia sangat beda dengan melayu kepri). Langkah awal saya akan berusaj mencari teman untuk sharing tentang budaya melayu. Menelusuri kampung-kampung tua. Mengumpulkan features. Atau mungkin saya akan mencari sanggar melayu dan belajar disana. Saya sempat berpikir jika orang-orang luar negeri banyak mempelajari budaya nasional,  apakah sebuah kesalahan jika orang jawa mempelajari budaya melayu? hmmm......saya mempunyai planing yang indah satu tahun ke depan! Sekali lagi saya bisaaa!


Saya selesaikan catatan mimpi saya ini dengan doa-doa terindah!
: My Dear.....bantu saya wujudkan 3 mimpi saya!
sedangkan mimpi-mimpi saya yang lain akan saya simpan dalam-dalam dalam relung saya yang paling dalam. Dan suatu saat akan saya wujudkan kembali ribuan mimpi saya yang lain.


Dan saya akan berkata...bahwa saya adalah seorang pemimpi yang akan berusaha untuk mewujudkan ribuan mimpi saya!

"Bermimpilah....maka mimpi-mimpi itu akan memelukmu" 
(Arai - Laskar Pelangi)

Batam, 5 September 2011

 
Saya ingat senja dan senyummu!

2 komentar:

NaiCaNa mengatakan...

Mimpi adalah semangat menjalani hidup. Smoga smua bisa terwujud ya k'

bandit™perantau mengatakan...

if you believe in dreams, you'll fight to reach them... :)