29 Agu 2009

CATATAN SEPULANG DARI GEDUNG ARSIP NASIONAL


bangga...kagum....meliat pementasan musikalisasi puisi yang diselenggarakan di Gedung Arsip beberapa hari yang lalu. Walaupun aku hanya bisa menikmatinya di lantai atas tempat sound sistem tapi aku cukup puas.Puisi-puisi yan dibacakan adalah karya Remy Soetansyah - pensiri Infotaiment Kabar-kabari. Tau siapa yang membacakan puisi-puisi itu.....? Marcella Zalyanti, Astari Rasyid, Miranda Gultom, Sawung Jabo, Happy Salma, Ray Sahetapy, Todung Mulya Lubis, Menteri Keuangan Sri Mulyani,Arifin Panigoro, Amin Kamil, Rosiana Silalahi, dan.....Iwan Fals.

Fuich...aku jadi berkeringat melihat tampilan mereka didukung oleh sound syestem, lighting, serta panggung yang menurutku sangat spektakuler untuk ukuran pementasan puisi. Ya iyalah....wong yang hadir para pejabat, politikus, dan artis. Apalagi untuk masuk menggunakan undangan khusus. Pasti muncul pertanyaan kenapa aku bisa ada disana?padahal aku bukan bagian dari mereka? aku gunakan fasilitas suami. Walaupun aku hanya melihat dari celah di FOH. (aku jadi ingat saat adegan Ikal di Novel Sang Pemimpi saat sembunyi-sembunyi menonton bioskop karena tidak membayar).
Aku jadi ingat teman-teman senimanku. Di Jember...mereka sudah cukup puas tampil di halaman kampus, di double W, atau di pinggir jalan. Di Banyuwangi....mereka sudah bangga berdiri di dalam gedung juang atau di aula-aula yang kosong. Tanpa ada dana, lighting....ataupun sound sistem. Tapi suara mereka lebih didengar.....aku rindu dengan kawan-kawan senimanku yang benar-benar menghargai seni yang bisa dinikmati oleh semua orang di Gedung Juang. Ada tukang becak, tukang ojek, Pedagang sayuran, guru, mahasiswa, sampai anak TK. Semua menikmatinya...Tidak ada undangan khusus, tidak ada hamparan melati dan mawar....seniman yang masih perlu dihargai....
Dari atas sini mataku memandang Iwan Fals....tapi pikiranku melayang ke kampung halamanku Saat aku menyuarakan atas nama kemanusian bersama kawan-kawan senimanku...I Miss U All
(maaf...fotonya nggak jelas soale ambl dari kejauhan pake kamera pocket)

Tidak ada komentar: